Perlukah seminar dilakukan dalam network marketing?

Menurut Robert Kiyosaki dalam bukunya, Cashflow Quadrant, bisnis jaringan adalah salah satu bisnis yang bisa menjadi aset untuk memberikan penghasilan pasif. Bagaimana agar bisnis jaringan bisa berkembang menjadi aset?

Supaya jaringan terus berkembang harus terjadi duplikasi di dalam jaringan. Duplikasi baru bisa terjadi jika jaringan yang kita bangun terdiri dari orang-orang yang terdidik dan mengerti cara membangun bisnis dengan benar. Oleh karena itu diperlukan sebuah organisasi pendukung (support system) yang menyediakan sistem pendidikan yang tepat. Organisasi pendukung ini bisa juga disebut sekolah bisnis.

Biasanya sekolah bisnis didirikan oleh parq distributor senior yang telah berpengalaman dalam membangun bisnis yang besar dan stabil. Berdasarkan pengalaman mereka jatuh bangun dengan mencoba berbagai strategi yang kemudian mereka merumuskannya menjadi sebuah sistem yang bisa diduplikasi oleh siapa saja.

Distributor baru dengan mudah dapat mempelajari sistem melalui CD video atau audio, buku – buku yang direkomendasikan, serta berbagai pelatihan dan seminar.

Selain melengkapi dengan teknis, sistem pendidikan sebuah bisnis juga bertujuan agar setiap orang dapat berkembang sikap dan mentalnya menjadi lebih positif, tangguh, dan profesional. Setiap orang dibantu mengembangkan keterampilannya berhubungan dengan orang lain sehingga dapat meningkatkan kepemimpinan yang dibutuhkan untuk menjadi pengusaha sukses.
(James Gwee & Suprato Tjoatja, I Want You to be Rich and Happy. Do You?, 2012)

Dari paparan di atas, maka menjadi pengusaha bisnis jaringan yang sebenarnya justru perlu adanya seminar, perlu adanya pelatihan, perlu adanya alat bantu yang disediakan kepada para distributornya untuk meningkatkan jaringannya plus mengembangkan skill nya.

Moment sebagai sebuah bisnis jaringan yang baik dan kuat (karena bukan money game) menyediakan semuanya secara rutin dan berkala.

Member yang join di awal jika tidak pernah mengupgrade dirinya dengan sekolah bisnis dan tools yg disediakan moment akan mendapatkan 0 dibandingkan dengan member yang aktif mengikuti sekolah bisnisnya dan menerapkan semua ilmu yang didapatnya. Datang saja tanpa menerapkannya dalam keseharian juga tidak akan terlalu ber efek banyak. Faktanya ada dan banyak yang demikian. Oleh karena itu jangan meremehkan perlunya seminar diadakan bagi para distributor (baca: member) moment. Jangan mengandalkan keberuntungan.

Berbisnis perlu Ilmu. Ilmu + keberuntungan tentu akan lebih besar hasilnya daripada sekedar mengandalkan keberuntungan dari merekrut member sebanyak banyaknya.

Bergabunglah bersama tim saya dan kita bisa membangun jaringan besar yang sukses bersama-sama.

Mila -Rising Stars-

image

image

image

image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s