7 Rahasia kesehatan kulit kita

Ada orang yang terlahir dengan kulit yang halus, minimal bebas minyak berlebih atau malah sebaliknya, memiliki kulit yang sangat kering. Namun, dibanding genetik, perawatan sehari-hari jauh lebih penting.

Bahkan, kulit dengan genetik halus pun tidak akan bertahan lama jika tidak dibarengi perawatan.

Empat spesialis perawatan kulit membuka rahasia perawatan kulit mereka sehari-hari. Ternyata, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk mendapatkan kulit sehalus milik mereka.

Tidak hanya mengandalkan krim tabir surya

Tabir surya sangat penting untuk menangkal efek buruk sinar ultraviolet matahari. Orang dengan kulit sehat, bisa dipastikan rutin memakai tabir surya. Tapi, para pakar tahu, banyak orang lupa mengaplikasi ulang krim pelindung ini.

“Warna kulit saya tetap menjadi lebih gelap walau sudah rajin memakai tabir surya,” kata Elizabeth Tanzi, MD, dokter spesialis kulit, pendiri dan direktur Capital Laser & Skin Care in Chevy Case, Maryland, dan profesor dermatologi di George Washington Medical Center.”

Saya punya tiga jenis kanker kulit, sehingga saya sangat fanatik dengan pemakaian topi dan pakaian yang bisa menangkal sinar matahari,” ujar Karyn Grossman, MD, dokter spesialis kulit di Grossman Dermatology Los Angeles dan New York.

Karyn juga melapisi kaca mobilnya dengan stiker khusus penangkal ultraviolet.

Selalu membersihkan make up sebelum tidur.

Jatuh tertidur dengan make up dan kotoran masih di wajah adalah sesuatu yang sangat tidak dianjurkan. Make-up dan kotoran dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan peradangan serta jerawat.

Grossman mengakui bahwa kadang kita terlalu lelah untuk mencuci muka. Saran dari Grossman, siapkan pembersih muka two in one (pembersih dan pelembap) di meja samping tempat tidur, supaya ritual membersihkan wajah lebih mudah sebelum Anda jatuh terlelap.

Menjaga tingkat stres tetap rendah

Menurut Journal of Investigative Dermatology, stres dapat memengaruhi fungsi lapisan luar kulit Anda, dan menyebabkan kemerahan, iritasi dan keriput.

Courtney Dunlop, editor kecantikan dan penulisBreak to Beauty mengakui bahwa ketika cemas, ia selalu mengerutkan alis dan menemukan kerutan berbentuk angka 11 saat melihatnya.

“Jadi, saya selelau berusaha untuk tidak cemas dan santai sepanjang hari. Saya juga menemukan bahwa olahraga teratur dan pernapasan dalam membantu menurunkan tingkat stres,” ujarnya.

Tidak memencet jerawat

Memencet jerawat dapat menyebabkan peradangan, pori-pori membesar dan bisa menimbulkan jaringan parut di wajah Anda, kata Grossman.

Oleskan obat jerawat yang mengandung satu persen hidrokortison di jerawat Anda beberapa kali sehari untuk mengurangi peradangan.

Tapi bagaimana jika Anda tidak tahan untuk tidak memencet jerawat? Menurut Grossman, jika warna jerawat sudah sangat putih, Anda bisa memencetnya sekali.

Jika isi jerawat keluar, artinya jerawat itu sudah matang. Jika tidak, jangan memaksa isi jerawat keluar karena bisa membuat kulit terluka.

 
Tidur minimal tujuh jam sehari

Penelitian menunjukkan bahwa ketika Anda kurang tidur, kulit akan nampak keriput dan kendur. Bagi Dunlop, tidur selama delapan jam harus dijadikan tujuan setiap hari.

“Sebab, kalau saya kurang tidur, mata saya terlihat bengkak dan seluruh wajah terlihat kendur. Hal itu membuat saya terlihat lebih tua dari usia saya yang sebenarnya, hanya dalam waktu satu malam,” demikian kata Dunlop.

Rutin berolahraga

“Olahraga penting karena membantu menjaga sirkulasi darah akan dan merangsang sistem  limfatik, yang membawa nutrisi ke kulit dan membuang racun dari kulit,” kata ahli facial para selebriti Hollywood, Joanna Vargas.

Sistem limfatik tidak bekerja sendiri, sehingga perlu olahraga dan pola makan yang benar untuk menjaga fungsinya.

Penelitian dari McMaster University di Kanada menemukan, bahwa orang berusia 40 tahun yang rajin berolahraga memiliki kulit wajah yang jauh lebih muda, mereka terlihat seperti baru berumur 20 atau 30-an tahun.
(Kompas.com)

Moment Glucogen dan atau Moment Teragen

Lengkapi dengan produk kesehatan Moment seperti: susu Glucogen atau susu kedelai Teragen setiap malam untuk mencukupi kebutuhan glutathione dan colagen yang berkurang seiring usia kita yang bertambah.

Salam sehat dan menyehatkan

image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s