Hal dan kebiasaan yang bisa membuat payudara menjadi kendur

Payudara dapat mengalami perubahan disepanjang usia wanita. Payudara memiliki fungsi untuk memberikan makanan kepada bayi, sebagai organ seksual, dan bisa dijadikan bagian dari identitas seseorang.

Apakah yang disebut dengan payudara Normal?

Payudara sebagai bagian dari tubuh lainnya, memiliki berbagai bentuk dan ukuran. Jaringan pembentuknya sangat beragam seperti lemak, otot, kelenjar susu dan sebagainya. Jaringan ini dapat berubah sejalan dengan perubahan usia sehingga payudara kiri bisa tidak sama dengan payudara sebelah kanan. Bagaimana bentuk dan konsistensi payudara bisa terpengaruh oleh banyak hal termasuk diantaranya adalah siklus menstruasi, kehamilan, menopause. Oleh sebab itu sangat sulit untuk mendefinisikan payudara yang normal, Sehingga sangat dianjurkan kepada seorang wanita untuk selalu mengetahui dengan cara meraba, merasakan dan melihat kondisi payudaranya setiap waktu, agar segera mengetahui perubahan perubahan yang terjadi pada payudaranya.

Ada beberapa hal dan kebiasaan yang bisa membuat payudara menjadi kendur, karena berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh UCLA didapatkan bahwa jaringan payudara berusia 2-3 tahun lebih cepat dibandingkan jaringan lain diseluruh tubuh. Beberapa hal penyebabnya adalah :

  1. Diet Yoyo

Perubahan berat badan yang ekstreem sebanyak lebih dari 15 kg bisa membuat jaringan pada payudara berubah menjadi kendur.

  1. Merokok

Kebiasaan merokok dapat mempercepat aging proses terutama pada kullit dengan cara mengurangi supply oksigen ke permukaan kulit.

  1. Paparan sinar UV

Paparan sinar UV yang berlebihan dapat menimbulkan kerutan dini pada kulit.

  1. Menggunakan Pakaian dalam (Bra) yang kurang tepat

Pemilihan pekaian dalam yang tepat sangat penting ,karena menurut salah seorang ahli bedah plastic dari American Society for Aesthetic Plastic Surgey semakin banyak gerakan pada payudara, semakin besar kulit dan collagen pada payudara menjadi stress dan teregang.

 

dr. Ayundria Purwitasari

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s