Kosmetik yang harus dihindari oleh ibu hamil

Hai bunda…
Kali ini ada info bermanfaat bagi anda yang sedang hamil.
Sebagai ibu hamil kita harus berhati-hati dalam banyak hal.
Termasuk dalam pemakaian kosmetik sehari-hari.

Bahan-bahan di dalam kosmetik atau bahkan sabun dan sampo kita ada yang berbahaya dan bisa membuat cacat pada janin. Jadi sebaiknya hindari kosmetik pemutih selama kehamilan. Karena umumnya krim – krim pemutih itu mengandung bahan yang berbahaya.

Berikut kosmetik atau bahan yang berbahaya yang dapat membahayakan janin, seperti dilansir laman Boldsky :

Karsinogen – Sejumlah kosmetik yang biasa wanita pakai mengandung zat karsinogen yang dapat memicu kanker pada jaringan kulit.

Lipstik – Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa sebagian kecil lipstik bermerek berbahan dasar yang mengandung timbal. Hal ini berarti bahwa memakai lipstik saat Anda sedang makan atau minum bisa berbahaya karena Anda mungkin menelan kandungan timbal dalam lipstik.

Sampo – Beberapa sampo dinyatakan aman, tapi banyak merek lain yang tidak mengikuti standar manufaktur. Mereka terbukti berbahaya bagi ibu hamil dan balita. Hal ini karena mereka mengandung bahan-bahan beracun.

Parfum – Ini adalah salah satu kosmetik yang sangat dihindari saat hamil. Parfum dan deodoran yang menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari dinyatakan mengandung senyawa kimia.

Pewarna rambut – Apakah Anda berencana mewarnai rambut Anda? Untuk ibu hamil sementara ini, tunda dulu rencana tersebut. Sebab, beberapa merek pewarna rambut mengandung bahan bahan yang membahayakan kesehatan bayi dalam janin.

Cat kuku – Sebagian cat kuku yang dijual di pasaran mengandung bahan berbahaya, yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan serius. Untuk ibu hamil disarankan untuk tidak menggunakan kosmetik.

Dampak Penggunaan Kosmetik Berbahan Kimia Bagi Ibu Hamil

Bahan kimia berbahaya dalam kosmetik dapat merusak pembelahan dan pertumbuhan sel, terlebih lagi sel saraf. Dampak nyata yang dapat terlihat adalah cacat bawaan pada bayi seperti bibir sumbing, kembar siam, jari dempet, retardasi mental (idiot), jumlah jari lebih atau kurang dan lain sebagainya.

Jika bahan kimia yang terdapat dalam kosmetik tersebut dapat mengganggu pertumbuhan organ tubuh bagian dalam maka akan berakibat pada kelainan jantung bawaan, kelainan paru-paru dan lain-lain.
Bahan kimia berbahaya bisa juga merusak pertumbuhan kulit yang menyebabkan anak atau bayi mudah terserang alergi dikemudian harinya. Kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya juga bisa menimbulkan gangguan reproduksi.
Selain itu, bahan kimia berbahaya yang terkandung dalam kosmetik juga bisa mengancam keguguran pada ibu hamil.

Bahaya krim pemutih wajah yang mengancam keselamatan janin, ada baiknya ibu hamil memperhatikan hal-hal berikut ini ;

Tundalah pemakaian krim pemutih wajah yang mengandung Hidroquinon 2% – 5% dan alcohol selama 3 bulan awal kehamilan.

Setelah memasuki bulan ke 4, silahkan anda mengoleskan pemutih wajah yang mengandung bahan – bahan alami seperti masker bengkoang, vit c, licorice dan arbutin.
Merkuri bukan bahan kosmetik. Jadi hati-hatilah terhadap produk yang dapat memutihkan wajah dalam beberapa hari, karna dapat dipastikan produk tersebut mengandung merkuri.

Untuk melindungi kulit agar tidak menjadi lebih gelap, mulailah mengoleskan Sunblock dengan SPF 30 antara jam 09.00 – 16.00. Ulangi pemakaian setiap 3 jam sekali. Bahan – bahan alami seperti ½ butir perasan jeruk lemon ditambah 5 tetes minyak zaitun, dioleskan setiap pagi dan malam tidak berefek negatif sama sekali pada janin.  Bahkan anda dapat merasakan perubahan kulit menjadi lebih cerah dalam 30 hari dengan pemakaian secara rutin. Tapi bila kulit anda sensitif, sebaiknya dilakukan sehari sekali saja agar kulit tidak iritasi.
Penggunaan kosmetik yang juga harus diwaspadai obat jerawat. Karena produk – produk tersebut mengandung pengawet dan pewarna berbahaya.

Jadi bila anda ragu dengan bahan-bahan yang ada di label kosmetik, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter.

Nah… Bagaimana bunda… Semoga informasi ini berguna bagi anda. Menjaga kesehatan diri dan janin selama kehamilan tentu tidak bisa dianggap sepele bukan.

Untuk nutrisi antioksidan bagi tubuh, glucogen dan teragen dan propolis mint dapat membantu tubuh bumil tetap fresh dan bugar,menjaga elastisitas kulit dan menjaga wajah tetap cerah. Mampu meminimalisir keluhan -keluhan selama kehamilan akibat perubahan hormon.

Semoga bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s