11 Gejala Pembesaran Prostat yang harus diwaspadai

img_20160718_124356.jpg Prostat adalah salah satu alat reproduksi pria yang sangat penting karena tugasnya memproduksi semen atau air mani. Cairan semen adalah nutrisi bagi sperma dan sekaligus media yang akan mengantar sperma keluar dari penis saat ejakulasi terjadi. Posisi prostat terletak persis di bawah kandung kemih (lihat gambar di samping).

Uretra, yaitu tabung atau saluran yang mengangkut urin dari kandung kemih dan membawanya keluar dari penis melewati pusat prostat. Jadi ketika terjadi pembengkakan pada prostat maka urin akan terhalang keluar.

Sampai sekarang dokter tidak tahu apa yang menyebabkan prostat membesar, tetapi beberapa penelitian mengungkapkan bahwa pembesaran kelenjar prostat berhubungan dengan produksi hormon testosteron.

#Gejala Pembesaran Prostat

Ukuran pembesaran tidak selalu berbanding lurus dengan gejala yang dialami penderita. Beberapa pria mengalami gejala yang sangat kuat padahal pembesaran yang dialami kecil, sebaliknya ada pria yang memiliki gejala ringan padahal prostatnya sudah sangat membesar. Pembesaran kelenjar prostat yang dialami penderita bervariasi tergantung tingkat keparahan masing-masing. Pada umumnya gangguan akan semakin memburuk jika tidak segera diobati.

#Berikut ini beberapa gejala Pembesaran prostat yang mungkin dirasakan penderita:

💖Pancaran saat kencing lemah
💖Aliran kencing terputus-putus
💖Inkontinensia (beser)
💖Kencing tidak tuntas
💖Mengejan saat kencing
💖Infeksi saluran kemih
💖Rasa ingin kencing lagi sesudah kencing
Keluarnya sisa kencing selama beberapa detik pada akhir kencing
💖Sering kencing saat malam hari
💖Rasa sakit waktu kencing
💖Pembentukan batu dalam kandung kemih
💖Fungsi ginjal berkurang

Jika anda merasa mengalami masalah yang tidak enak saat kencing, segera hubungi dokter untuk memeriksa apakah prostat anda membesar atau ada gangguan lain yang mungkin terjadi pada prostat anda. Jika kondisi tersebut tidak menyusahkan atau tidak menimbulkan masalah kesehatan yang membuat anda sulit beraktifitas, maka kemungkinkan besar anda tidak memerlukan pengobatan. Tetapi meski demikian anda masih harus memeriksakan diri untuk mencari tahu kemungkinan penyebab lain seperti kanker prostat.

#Faktor risiko terjadinya gangguan pembesaran kelenjar prostat, yaitu:

➡Usia. Pria di bawah 40 tahun sangat jarang menderita pembesaran prostat. Pada usia 55 tahun 1 dari 4 pria memiliki gejala pembesaran prostat, dan pada saat usia mencapai 75 tahun, setengah pria mengalami masalah prostat.
➡Genetik. Memiliki hubungan darah dengan penderita pembesaran prostat, maka risiko juga bertambah besar.

Saat prostat membengkak,
Pilihan pengobatan didasarkan pada tingkat keparahan gejala yang dirasakan penderita, sejauh mana gangguan tersebut mempengaruhi produktifitas dban keseharian penderita, kondisi kesehatan, gejala yang dialami, ukuran pembesaran dan usia.

Produk moment seperti Propolis dan Bio Cell dapat membantu sebagai nutrisi tubuh memulihkan kesehatan organ reproduksi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s