GAGAL GINJAL

14449846_1775105646097161_2548050551102596935_n

 

RENAL FAILURE (GAGAL GINJAL)

Secara umum fungsi ginjal adalah membersihkan darah dari produk limbah dan membuangnya ke urine, selain itu ginjal juga berfungsi menyeimbanngkan unsur-unsur mineral penting seperti natrium dan kalium , serta memproduksi hormone yang diperlukan untuk mengatur tekanan darah dan produksi sel darah merah. DAN JIKA PADA SETIAP TAHAP PROSES PENYARINGAN GINJAL DIBLOKIR BAIK KARENA KERUSAKAN GINJAL LANGSUNG (MISALNYA KARENA DIABETES) ATAU OLEH PENYUMBATAN TIDAK LANGSUNG (SEPERTI OLEH BATU GINJAL) MAKA ITU ITU MENYEBABKAN GAGAL GINJAL.

Ada dua jenis utama gagal ginjal , yaitu:

Gagal Ginjal Akut (GGA) atau Acute Renal Failure (ARF) yang terjadi ketika ginjal tiba-tiba berhenti menyaring produk limbah dari darah.

Sedangkan Gagal Ginjal Kronik (GGK) atau Chronic Renal Failure (CRF) berkembang perlahan-lahan dan berangsur memberat dengan sedikit gejala pada tahap awal.

Gejala yang terjadi bervariasi tergantung pada tingkat keparahannya, progesifitas dan penyebabnya.

Gejala gagal ginjal akut diantaranya retensi cairan , pendarahan internal , kejang dan koma. Sedangkan pada gagal ginjal kronis awalnya tidak memiliki gejala sampai fungsi ginjal menurun hingga 20%/kurang, dan ketika pada kondisi gejala yang mungkin muncul seperti : mual, muntah, rasa logam pada lidah, anemia , sesak napas , sakit kepala etc.

Bedasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar tahun 2013 oleh Kementrian Kesehatan RI, sebanyak 0,2% dari total jumlah penduduk Indonesia mengalami kondisi ini. Provinsi Sulawesi Tengah merupakan daerah dengan angka tertinggi yaitu 0,5% dari total jumlah penduduk di provinsi tersebut. Dari data 7th Report of Indonesia Renal Registry tahun 2014, pasien gagal ginjal yang melakukan cuci darah paling banyak disebabkan karena hipertensi.
Apabila para pembaca mengetahui ada kerabat, keluarga atau siapapun yang terkena gagal ginjal, yuk bantu mereka memulihkan kesehatannya dengan mengkonsumsi MomentPropolis karena dapat memperbaiki sirkulasi pembuluh darah ginjal.
Serta konsumsi nutrisi yang kaya HGH dan stem cell untuk meregenerasi sel-sel yang rusak.

SEHAT BERSAMA MOMENT

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s