Tips Memakai Serum Wajah Yang Disarankan Oleh Ahli Kecantikan


Rutinitas merawat wajah kini tidak lagi hanya membersihkan wajah dan menerapkan pelembab setelahnya. Beberapa tahun belakangan ini, mengaplikasikan berlapis-lapis produk perawatan wajah kini banyak dilakukan wanita demi mendapatkan kulit yang cantik, sehat dan awet muda lebih lama.
Salah satu produk tambahan yang banyak digunakan dalam ritual kecantikan wanita adalah serum. Umumnya serum memiliki tekstur yang lebih ringan dan cair namun konsentrasi nutrisinya lebih tinggi ketimbang pelembab. Diaplikasikan sebelum pelembab, serum berkhasiat membuat kulit jadi lebih sehat dan berkilau. Agar efek serum bagi kulit lebih maksimal, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dalam pemakaiannya.
1. Perhatikan Urutan Pemakaian

Perlu diingat, serum bukanlah pelembab jadi Anda tidak bisa menggunakannya sendirian. Menerapkan serum sebelum pelembab akan membuat kandungan formula dalam pelembab terserap lebih sempurna ke dalam kulit. Pakar kecantikan kulit Cecilia Wong, seperti dikutip dari Daily Makeover menjelaskan, urutan yang benar adalah mengaplikasikan produk menurut teksturnya. Dimulai dari yang paling ringan atau cair, hingga terakhir yang teksturnya tebal atau lebih berat.
2. Beri Waktu

Setelah mengoleskan serum, diamkan beberapa saat sebelum melapisinya lagi dengan pelembab. Setelah serum terserap sempurna, kulit akan lebih baik menerima perawatan selanjutnya. Cara ini juga untuk mencegah kulit terasa lengket atau terlalu berminyak.

3. Lebih Sedikit Lebih Baik

Serum adalah konsentrat dengan konsentrasi nutrisi yang tinggi. Cukup sedikit saja pemakaian sudah cukup untuk menutrisi wajah. Menurut Kathy Heshelow, seorang praktisi kecantikan, karena konsentrasi nutrisi yang tinggi, serum justru akan menimbulkan efek kurang baik bagi kulit apabila dioleskan berlebihan. Cukup tuangkan satu hingga dua tetes, lalu terapkan dengan cara ditepuk-tepuk menggunakan jari tangan.
4. Pilih Produk Sesuai Kebutuhan


Seperti halnya pelembab, serum juga diciptakan untuk berbagai jenis dan kondisi kulit. Kenali terlebih dahulu kulit Anda, baru tentukan produk serum yang cocok berdasarkan kandungan dan bahan aktifnya. Saat ini tersedia serum untuk kebutuhan kulit yang spesifik, seperti mencegah penuaan, mencerahkan wajah, menyamarkan noda hitam atau mengencangkan wajah.
5. Harga Serum Umumnya Mahal

Harga serum memang umumnya lebih mahal ketimbang pelembab. Hal itu karena serum berisi konsentrasi bahan-bahan aktif dan tidak banyak mengandung elemen lain yang kurang penting, yang bisa menghalangi penyerapan nutrisi ke dalam kulit. Karena itulah serum lebih efektif meresap ke kulit dan efeknya pun lebih maksimal ketimbang pelembab biasa.
6. Simpan di Suhu Dingin

Serum diperkaya oleh bahan-bahan aktif yang lebih mudah rusak dan usianya tidak tahan lama. Sehingga tanggal kedaluwarsanya lebih pendek dibandingkan produk-produk lain yang hanya sedikit bahan aktifnya. Hindari menyimpan serum di tempat yang panas dan lembab karena bisa memperpendek usianya. Sebaiknya simpan di ruangan sejuk, akan lebih baik lagi jika ditaruh dalam kulkas. Lemari pendingin akan membuat kualitas serum terjaga dan ketika diaplikasikan akan menimbulkan sensasi segar pada kulit.
7. Bukan untuk Semua Orang

 Meskipun memiliki kandungan yang ‘mumpuni’, tidak semua orang bisa menggunakan serum. Bagi mereka yang memiliki kulit sensitif atau berjerawat, sebaiknya tidak menggunakan serum atau konsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Beberapa kondisi kulit tertentu juga disarankan menghindari pemakaian serum, misalnya eczema atau rosacea. Eczema atau eksim adalah kelainan kulit kronis yang umumnya ditandai dengan kulit yang sangat gatal dan kering. Sementara rosacea adalah gangguan kulit berupa kemerahan dan jerawat yang meradang, umumnya tidak dapat disembuhkan. Penggunaan serum dikhawatirkan bisa memperparah gejalanya.

(Sumber:wolipop)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s